blog review website dan blog terbaru

Selasa, 11 November 2014

Asal Mula Laundry

Asal Mula Laundry. Laundry pertama kali dilakukan di sungai, membiarkan air membawa pergi bahan yang dapat menyebabkan noda dan bau. Laundry masih dilakukan dengan cara ini di beberapa daerah yang kurang maju dan daerah pedesaan. Agitasi membantu menghilangkan kotoran, sehingga cucian sering digosok, memutar, atau menampar terhadap batu datar. Kelelawar kayu atau klub dapat digunakan untuk membantu dengan mengalahkan kotoran keluar. Ini sering disebut mencuci kumbang atau kelelawar dan dapat digunakan oleh waterside di atas batu (a-Beetling batu), di blok (battling-blok), atau di papan. Mereka pernah umum di seluruh Eropa dan juga digunakan oleh pemukim di Amerika Utara. Teknik serupa juga telah diidentifikasi di Jepang.


Bila tidak ada aliran air yang tersedia, binatu dilakukan dalam air-ketat tong atau kapal. Terkadang kuali logam besar yang diisi dengan air segar dan dipanaskan di atas api, air mendidih bahkan lebih efektif daripada dingin dalam menghilangkan kotoran. Kayu atau batu menggosok permukaan didirikan di dekat pasokan air atau washboards portabel, termasuk buatan pabrik yang logam bergelombang, batu secara bertahap diganti sebagai permukaan untuk melonggarkan tanah.

Setelah bersih, pakaian yang diperas - dipelintir untuk menghilangkan sebagian besar air. Kemudian mereka menutup pada tiang-tiang jemuran atau ke udara kering, atau kadang-kadang hanya tersebar di rumput bersih.

Revolusi Industri

Revolusi Industri benar-benar berubah teknologi binatu.Mangle (pemeras AS) dikembangkan pada abad ke-19 - dua rol panjang dalam bingkai dan engkol berputar mereka. Seorang pekerja binatu-mengambil pakaian basah kuyup dan menghidupkan melalui mangle, mengompresi kain dan mengusir kelebihan air. Mangle itu jauh lebih cepat daripada memutar tangan. Ini adalah variasi pada mangle box digunakan terutama untuk menekan dan merapikan kain.Penemu abad ke-19 Sementara itu lanjut mekanik proses cuci dengan berbagai tangan-dioperasikan mesin cuci. Parfum Laundry Kebanyakan melibatkan memutar pegangan untuk memindahkan dayung di dalam bak. Kemudian beberapa mesin awal abad ke-20 menggunakan agitator bertenaga listrik untuk menggantikan tangan membosankan bergesekan washboard. Banyak dari mereka hanya bak di kaki, dengan mangle dioperasikan dengan tangan di atas. Kemudian mangle juga sudah bertenaga listrik, kemudian diganti dengan bak ganda berlubang, yang berputar keluar kelebihan air dalam siklus berputar.Pengeringan binatu juga mekanik, dengan pengering pakaian. Pengering juga berputar bak berlubang, tetapi mereka meniup udara panas daripada air.

Cina binatu di Amerika Utara

Di Amerika Serikat dan Kanada pada akhir abad 20 dan awal 19, pendudukan pekerja binatu sangat identik dengan Amerika Cina. Diskriminasi, kurangnya berbahasa Inggris keterampilan, dan kurangnya modal terus Amerika Cina keluar dari karir yang paling diinginkan. Sekitar tahun 1900, satu dari empat pria etnis Cina di Amerika Serikat bekerja di binatu, biasanya bekerja 10 sampai 16 jam sehari [2] [3].New York City memiliki 3.550 binatu diperkirakan Cina pada awal Depresi Besar tahun 1930-an. Pada tahun 1933, dengan ini pun ingin banyak orang seperti bisnis yang relatif diinginkan, Dewan kota dari Aldermen mengesahkan undang-undang jelas dimaksudkan untuk mendorong keluar Cina bisnis. Antara lain, itu terbatas kepemilikan binatu untuk warga AS. Asosiasi Kebajikan Cina Konsolidasi mencoba tanpa hasil untuk menangkis ini off, sehingga pembentukan Aliansi Laundry terbuka kiri Tangan Cina (CHLA), yang berhasil menantang ini ketentuan hukum, yang memungkinkan pekerja binatu Cina untuk melestarikan mata pencaharian mereka. [2]The CHLA melanjutkan berfungsi sebagai sebuah kelompok hak asasi sipil yang lebih umum,. Jumlahnya menurun kuat setelah itu ditargetkan oleh FBI selama Scare Merah Kedua (1947-1957)

Laundry proses

 Proses cuci mencuci termasuk (biasanya dengan air yang mengandung deterjen atau bahan kimia lainnya), agitasi, pembilasan, pengeringan dan menekan (menyetrika). Mencuci akan sering dilakukan pada suhu di atas suhu kamar untuk meningkatkan aktivitas dari setiap bahan kimia yang digunakan dan kelarutan noda, dan suhu tinggi membunuh mikro-organisme yang mungkin hadir pada kain.Bahan kimiaBerbagai bahan kimia dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan pelarut air, seperti senyawa dalam soaproot atau yucca-akar yang digunakan oleh suku-suku asli Amerika, atau ley abu sekali banyak digunakan untuk merendam binatu di Eropa. Sabun, suatu senyawa yang terbuat dari alkali dan lemak, adalah bantuan cuci kuno dan umum. Mesin cuci modern biasanya menggunakan deterjen sintetik bubuk atau cair di tempat sabun yang lebih tradisional.

Dry cleaning

Dry cleaning adalah setiap proses pembersihan untuk pakaian dan tekstil menggunakan pelarut kimia lainnya selain air. Pelarut yang digunakan biasanya tetrachlorethylene (perkloroetilena), yang industri panggilan "PERC". Hal ini digunakan untuk membersihkan bahan halus yang tidak bisa menahan kasar dan jatuh dari sebuah mesin cuci dan pengering pakaian, tetapi juga dapat meniadakan padat karya mencuci tangan.Pembersih kering Banyak tempat pakaian dibersihkan di dalam kantong pakaian tipis plastik bening.

Apartemen

Di beberapa bagian dunia, termasuk Eropa dan Amerika Utara, bangunan apartemen dan asrama sering memiliki ruang cuci, di mana warga berbagi mesin cuci dan pengering. Biasanya mesin ditetapkan untuk menjalankan hanya ketika uang dimasukkan ke dalam slot koin. Mereka menyalakan ketika uang itu dimasukkan dan mereka berjalan selama Anda membayar.

Di bagian lain dunia, bangunan apartemen dengan kamar binatu jarang, dan apartemen masing-masing memiliki mesin cuci sendiri. Mereka yang tidak memiliki mesin di rumah atau penggunaan ruang cuci baik harus mencuci pakaian mereka dengan tangan atau mengunjungi laundromat komersial.Hak untuk Gerakan KeringArah untuk cuci tangan Underwear higienis Inggris New Standard, sekitar 1.915Beberapa organisasi telah berkampanye melawan undang-undang yang telah melarang garis-pengeringan pakaian di tempat umum, terutama mengingat emisi gas rumah kaca yang dihasilkan oleh peningkatan pengering pakaian.Legislasi sehingga memungkinkan bagi ribuan keluarga Amerika untuk mulai menggunakan jemuran di masyarakat di mana mereka sebelumnya dilarang disahkan di Colorado pada tahun 2008. Pada tahun 2009, undang-undang jemuran diperdebatkan di beberapa negara, termasuk Connecticut, Hawaii, Maryland, Maine, New Hampshire, Nebraska, Oregon, Virginia, dan Vermont. Negara-negara lain sedang mempertimbangkan tagihan yang sama.

Meskipun ada asosiasi pemilik rumah 'dan masyarakat lainnya di Amerika Serikat yang melarang warga dari luar menggunakan jemuran, atau membatasi penggunaannya untuk lokasi yang tidak terlihat dari jalan atau untuk waktu tertentu dalam sehari, masyarakat lain secara tegas melarang aturan yang mencegah penggunaan jemuran. Florida adalah negara hanya untuk tegas menjamin hak untuk kering, meskipun Utah dan Hawaii telah mengeluarkan undang-undang hak surya.

Di Florida, hukum menyatakan bahwa "pembatasan akta, perjanjian, atau perjanjian mengikat yang sama berjalan dengan tanah harus melarang atau memiliki efek melarang kolektor surya, jemuran, atau perangkat energi lain berbasis sumber daya terbarukan dari yang diinstal pada bangunan didirikan di yang banyak atau paket ditutupi oleh pembatasan akta, perjanjian, atau perjanjian yang mengikat ". Tidak ada negara lain yang memiliki undang-undang secara eksplisit seperti [rujukan?]. Vermont dianggap sebagai "Hak untuk Kering" RUU pada tahun 1999, tetapi dikalahkan dalam Sumber Daya Alam & Senat Komite Energi. Bahasa tersebut telah dimasukkan dalam RUU 2007 konservasi energi sukarela, diperkenalkan oleh Senator Dick McCormack. Tindakan serupa sedang diperkenalkan di beberapa bagian Kanada, termasuk provinsi Ontario. sumber http://en.wikipedia.org


Seiring berjalannya waktu Laundry ada diberbagai negara dibelahan dunia, salah satunya Laundry di Jakarta yang menyediakan layanan laundry cepat, untuk memuaskan para customernya.

Asal Mula Laundry Rating: 4.5 Diposkan Oleh: muhamad junaedi

1 komentar: